Lampu Jalan
Bangunan,  Kontruksi

Tips Menggunakan PJU Solar Cell

Menggunakan PJU solar cell memang menguntungkan. Seperti yang banyak diketahui oleh masyarakat, dalam penggunaannya, bisa menghemat biaya dan menghemat listrik. Hal ini disebabkan, energi yang digunakan adalah alami berasal dari sumber energi yang tidak akan habis, yaitu sinar matahari. Namun, Anda juga tidak bisa sembarangan dalam menggunakan penerangan berdaya solar cell ini. Untuk itu, simak ulasan tips berikut ini.

Pilih Warna Lampu yang Tepat

Tips yang pertama dan kadangkala sering disepelekan adalah perihal warna lampu. Tentunya, untuk pencahayaan optimal, Anda akan memilih lampu yang terang. Apalagi jika lampu yang digunakan ini adalah untuk menerangi jalan raya yang luas dan lebar dan butuh cahaya yang optimal. Namun ternyata, terang saja tidak cukup.

Anda juga perlu perhatikan bagaimana warna dari lampu, apakah warm light atau cool light. Jika Anda memilih lampu dengan warna putih karena dianggap lebih terang yang mana termasuk pada jenis cool light, namun ternyata warna ini kurang safety. Hal ini akan semakin diperburuk ketika cuaca sedang buruk dan cukup membahayakan retina mata. Sebaiknya, pilih yang berwarna kuning dengan jenis warm light, walaupun keadaan cuaca buruk, warna ini bisa lebih diterima oleh retina mata.

Sesuaikan Kapasitas dengan Kebutuhan

Selanjutnya adalah perihal pemilihan PJU solar cell. Anda harus memilih lampu yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitasnya. Misalnya saja untuk menerangi jalan yang luas, tentu spesifikasi watt-nya pun harus memadai untuk melakukan penerangan. Varian dari lampu PJU dengan solar cell ini pun beragam, dari mulai 20 watt hingga 50 watt. Tak hanya itu, tinggi tiang dan jarak pemasangan tiangnya pun perlu diatur dan disesuaikan.

Pemilihan Baterai yang Sesuai

Selain menyesuaikan kapasitas dengan kebutuhan hingga kekuatan watt lampu, baterai juga harus disesuaikan dengan kapasitas dan dayanya. Penggunaan lampu solar cell ini tentunya harus dibarengi dengan penggunaan baterai dengan Ampere hour yang cukup tinggi. Untuk itu perlu penghitungan atau inverter yang cocok dalam melakukan penghitungan antara daya lampu yang digunakan dengan kekuatan baterai. Lebih baik lagi jika bergaransi untuk meminimalisir risiko.

Meskipun pemasangan PJU solar cell menguntungkan, namun Anda pun harus tetap memerhatikan pemilihannya yang tepat, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *